Minggu, 14 Agustus 2011

Perbandingan Antara Byson, V-Ixion dan Scorpio-Z, Mana Yang Lebih Unggul?!


Bro semua, pada artikel terdahulu sudah saya kemukakan komparasi Harga Calon Yamaha Byson (Yamaha FZ 16) dengan Motor-Motor kelas 150-180 cc. Nah Kali ini saya akan sedikit menguak dan sedikit menganalisa gimana sih posisi Nilai Jual Si bison ini di antara saudara-saudara Kandungnya yaitu Yamaha FZ 150i atau yamaha V-Ixion dan Yamaha YBR 225 atau yang lebih dikenal dengan nama Yamaha Scorpio Z. Ok kita Mulai dari segi teknologi mesin. Ketiganya hampir merata tingkat teknologinya dengan menggunakan Teknologi SOHC, V-Ixion sedikit lebih advance dengan mengaplikasikan 2 klep masuk dan 2 Klep buang, pengabutan Injeksi, dan pengaplikasian pendingin cairan lengkap dengan Radiatornya.

Lalu Dilihat dari Kubikasi mesinnya . . . Jelas Sang Kalajengking memimpin dengan kubikasi 225 cc !! 76 cc di atas V-Ixion dan 71 cc di atas Byson. Sangat Wajar jika Scorpio menjadi yang termahal di Keluarga Besar Motor sport Yamaha. Trus Kita lihat Lagi deh Powernya . . . Scorpio Z Memimpin dengan 18,7 hp. Anehnya V-Ixion yang cc nya lebih kecil dari Byson justru lebih bertenaga dengan semburan daya 14,8 hp. sedangkan Byson puas di 13,8 Hp. Walaupun kalah di Power, Tapi Byson menang di Torsi dari V-Ixion, prediksi saya Byson memiliki Tarikan yang lebih yahuud dari V-Ixion. Tapi tetep Scorpilah yang paling bertorsi diantara 3 saudara kandung ini.

Hold !! . . . Menurut Mas Imam Bengkel sepedamotor, Lihat juga rasio Power-Bobot (power to weight ratio) nya bro!! karena percuma tenaga lebih besar kalo bobotnya lebih berat . . . power habis cuma buat narik bobot motor doang :mrgreen: . Di sini terlihat V-Ixion lebih baik dari Byson, hal ini dikarenakan dua hal : Rendahnya power Byson dan beratnya bobot Byson . . . yaaaggh wajarlah Byson gitoo loh :mrgreen: . Gimana Scorpio ? jangan Ditanya dah . . . Doi emang Raja Performa di antara ketiga sodara kandung ini xi xi xi

Di luar Performa baru deh kita bicara Fitur fisik. Dari segi sasis IMHO V-Ixion mungkin yang terbaik dengan sasis Twin Spar kokohnya. Sedangkan Byson menggunakan sasis Diamond dan Scorpio menggunakan sasis Double Cradle. Fitur Fisik Penampilan lainnya . . . Byson lah yang paling ciamik !! Ban + Velg Tapak lebar, Lampu reflektor jenis baru, sok teleskopik depan diameter besaaarr, console speedometer futuristis bin canggih, Tangki yang dikondomin sama Plastik ABS, dan midship muffler

Dalam komparasi di atas Kalo boleh saya menilai (mudah-mudahan nggak jauh berbeda dengan bro-bro sekalian) Dari segi Performa Scorpio jawaranya . . . akan tetapi V-Ixion unggul tipis dari segi teknologi dari Byson . Nah Kalo dari segi Fitur dan penampilan Bolehlah Byson ini tercatat sebagai yang paling Ciamik.tapi tunggu dulu . . . kabar terakhir V-Ixion Mengalami Facelift serius dibagian headlamp, mud guard dan spatbor depan. Hmm sepertinya Pabrikan Yamaha memiliki semacam hidden agenda sama si V-Ixion, yang akan terkuak minimal sampai rilis resmi Vixion facelift yang rencananya akhir tahun ini juga

Nah sekarang tinggal sudut pandang YMKI deh yang akan menentukan dimana posisi price yang paling layak buat sang Byson, Menjadi Yang termurah (18-19,5 JT) , diantara Vixi-Scorpio (21- jt) , atau malah di atas Scorpio (>21 Jt) ? Penerawangan saya yang nggak penting setelah melihat gelagat pabrikan YMKI yang memakeup Vixion, sepertinya Byson akan di tempatkan menjadi yang memiliki price paling rendah diantara ketiganya. Pabrikan Yamaha pun sepertinya akan rela sebagian kue vixion kemakan oleh si Byson demi tujuan yang lebih besar, memakan ceruk market yang dimiliki kompetitor. Mau V-ixion atau Byson yang penting Yamaha. Gimana menurut Bro semua?

he he he he mudah-mudahan artikel ini dan komentar brother-brother nanti menjadi input berharga Bagi Pabrikan Yamaha

Taufik of BuitenZorg

note : data performa yang digunakan pada artikel ini adalah data FZ 16, Pabrikan yamaha belum mengeluarkan spek resmi Yamaha Byson

0 komentar:

Poskan Komentar