Kamis, 16 Februari 2012

Spesifikasi New Yamaha Mio Fino "Classic Retro Modern"


Mulai Februari 2012, Yamaha Indonesia secara resmi memperluas segmen pasar skutiknya melalui varian baru Yamaha Mio Fino. Berkarakter klasik retro modern, Mio Fino mencoba menawarkan gaya baru yang berbeda melalui tampilan ala jaman dulu yang dikemas dengan nuansa eleganitas dan sportifitas. Pesaing Honda Scoopy ini menggunakan platform Mio Soul pada chassis dan sekstor mesinnya. untuk mengetahui lebih jauh, mari kita telanjangi fitur-fiturnya.

Dari sosok eksteriornya, Fino mengusung garis-garis klasik dengan sentuhan modern yang membulat. Di bagian depan, penggunaan lampu membulat serta dibarengi tudung atau penutup yang bentuknya maju kedepan, menjadi ciri motor retro modern. Begitu pula buritan, desain membulat pada bodi dan lampu belakang menguatkan aroma klasik yang diusung Yamaha Fino.

Kesan skutik jadul modern kian kentara melalui sentuhan panel-panel unik seperti penampatan speedometer dan fuel meter berjenis analog yang juga desainnya dibuat membulat. Tidak lupa spion bulat berlapis chrome menambah aroma gaya berbeda pada skutik seharga Rp 13,5 juta untuk tipe Sporty dan Fashion serta Rp 13,65 juta untuk varian Fino Classic.



Mio Fino ditawarkan dalam 3 varian. Pertama Sporty dengan perpaduan warna berani yaitu putih merah, putih biru dan hitam merah dengan stiker lebih banyak pada bodi belakang, konsol dek tengah, bodi depan dan spakbor. Aksen hitam juga terdapat pada lampu depan, jok, handle grip, velg dan pegangan belakang untuk mendukung kesan sporty. Di bibir velg juga terdapat stripping warna merah seperti velg modifikasi.

Untuk Mio Fino Fashion, strippingnya bernuansa pop ceria gaya anak muda dengan aksen jepretan kamera blitz. Sedangkan Mio Fino Classic berkesan mewah dengan aksen warna kulit di jok dan handle grip. Permainan strippingnya terlihat sedikit menonjolkan logo Mio Fino 3D seperti pada mobil-mobil mewah. Ketiga varian Fino juga telah dilengkapi Automatic Headlight On (AHO) atau lampu depan yang akan menyala saat kunci kontak diputar di posisi ON.

Dari segi jantung mekanis, Yamaha Mio Fino menggunakan basis mesin skutik Yamaha Mio Soul dengan kapasitas 113 cc, 2-valve, SOHC, berpendingin kipas dengan trasmisi CVT. Tenaga yang dihasilkan mencapai 8,35 hp pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 7,84 Nm pada 7.000 rpm. Melihat data tersebut, seharusnya diatas kertas dengan spesifikasi mesin yang sama dengan Mio Soul, tarikan Fino akan sama dengan Mio Soul.

Namun saat grip gas diputar, ternyata Fino memberikan perlawanan yang cukup signifikan. Artinya, akselerasi Fino terasa lebih cepat dibanding Mio Soul. Kemungkinan bobot Mio Soul yang lebih berat, membuat Fino terasa lebih responsif saat gas dipelintir. Mencoba di area yang tidak terlalu luas di kawasan Ciwalk, Bandung, Fino pun diajak berkeliling di pusat perbelanjaan dan makanan tersebut.

Selain gesit, kelincahan skutik yang ditarget 20 ribu unit per bulan ini bisa dibilang cukup mantap dan mudah untuk dikendarai. Posisi setang yang tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi, membuat posisi berkendara terasa nyaman dan mudah untuk bermanuver. Saat harus memutar balik atau menikung patah, setang mengikuti dengan ringan, sehingga cocok bagi pengendara dari kaum hawa.

Jok yang lebar dan luas dibanding Mio Soul, menjadikan duduk diatas Fino sangat nyaman. Ditambah lagi dek sebagai tumpuan kaki, lumayan lapang. Ketinggian jok dengan tanah yang tidak terlalu tinggi, juga akan menciptakan peletakan kaki yang sempurna ke aspal bagi pengendara wanita. Sementara suspensi tunggal di sebelah kiri bodi Fino, membuat Fino empuk saat dikendarai.

Namun sayang, lokasi uji yang terbatas, membuat Fino tidak bisa dipacu kencang. Dari panel speedometer yang mudah dilihat saat berkendara, Fino hanya bisa dipacu hingga 60 km/jam saja. Panel fuel meter juga bisa dilihat jelas untuk menunjukkan kondisi bahan bakar yang tangkinya mencapai 4,1 liter. Sedangkan, sebuah gantungan kecil tepat dibawah jok, akan bermanfaat bagi wanita yang ingin menggantungkan tas atau bawaan lainnya. Sementara untuk pengamanan, kunci kontak sudah mengaplikasikan sistem magnet, seperti yang terdapat pada Mio Soul.

SPESIFIKASI YAMAHA MIO FINO

Spesifikasi
Yamaha Mio Fino
Panjang x lebar x tinggi
1.830 x 705 x 1.050 mm
Jarak sumbu roda
1.240 mm
Jarak terendah ke tanah
125 mm
Berat kosong
94 kg
Tipe rangka
Steel pipe underbone
Tipe suspensi depan
Teleskopik
Tipe suspensi belakang
Lengan ayun dengan peredam kejuttunggal
Ukuran ban depan
70/90 - 14M/C 34P
Ukuran ban belakang
89/90 - 14M/C 40P
Rem depan
Cakram hidraulis
Rem belakang
Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar
4,1 liter
Tipe mesin
4 Langkah, SOHC
Diameter x langkah
50,0 x 57,9 mm
Volume langkah
113,7 cc
Perbandingan kompresi
8,8 : 1
Daya maksimum
8,35 PS/8.000 rpm
Torsmi aksimum
7,84 Nm/7.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin
Total: 0,9 liter dan 0,8 liter pergantian periodik
Kopling otomatis
otomatis, sentrifugal, tipe kering
Gigi transmisi
CVT Otomatis
Pola pengoperan gigi
xxx
Starter
Pedal dan elektrik
Aki
YTZ4V (MF battery)/ GTZ4V (MF battery)
Busi
C7HSA (NGK)/U22 FS-U (DENSO)
Sistem pengapian
DC-CDI, Baterai

0 komentar:

Posting Komentar